Jumat, 26 Agustus 2016

Penderita Maag Wajib Menghindari Makanan Ini

Penderita Maag Wajib Menghindari Makanan Ini - Pada awalnya penyakit maag ini disebabkan oleh kebiasaan makan tidak teratur, kebiasaan itu bisa menyebabkan lambung mengalami iritasi. Mungkin pada awalnya hanya mengalami gejala mual saja tetapi kalau terus dibiarkan akan menjadi berbahaya jadi anda harus menjaga makanan yang anda konsumsi agar penyakit maag tersebut bisa sembuh. Dalam pengobatan penyakit maag anda harus tahu betul apa saja yang menjadi pantangan penyakit maag karena penyakit ini sangat berhubungan langsung antara lambung dan apa yang dicerna oleh lambung tersebut. 

Selain dengan mengobati maag, Anda juga mesti mengubah pola makan dan gaya hidup sedemikian rupa supaya mengurangi peradangan dan meringankan ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Berikut adalah panduan pantangan sakit maag yang bisa Anda ikuti:

Makanan berlemak
Makanan yang banyak mengandung lemak dapat meningkatkan peradangan pada selaput lambung. Maka hindarilah makanan yang digoreng kering semacam onion ring, ayam goreng tepung, dan seafood goreng tepung. Telur goreng, kentang goreng, keripik kentang, dan kue-kue yang digoreng juga harus dihindari.

Hilangkan makanan yang mengandung asam lemak trans dari menu makan Anda. Selain sanggup melukai selaput lambung yang sensitif, makanan ini juga mampu meningkatkan tekanan darah tinggi serta menyebabkan obesitas dan penyakit jantung. Asam lemak trans biasanya terdapat dalam kue-kue, donat, dan biskuit yang dipanggang. Makanan olahan seringkali memiliki asam lemak trans yang lebih tinggi daripada makanan segar. Dan margarin merupakan sumber dari asam lemak trans berkadar tinggi.

Makanan olahan
Para dokter di University of Maryland Medical Center merekomendasikan agar pasien dengan gastritis (maag) menghindari makanan olahan yang mengandung gula (selain lemak trans). Roti putih, mie, dan pasta merupakan contoh jenis makanan olahan yang sanggup mengiritasi selaput lambung.

Cabai
Makanan pedas semacam cabai rawit, mustard, dan saus sambal dapat memperburuk gejala gastritis. Bukan hanya itu, refluks atau kenaikan asam lambung yang disebabkan akibat makan pedas-pedas sanggup menjadi penyebab maag. Selaput lambung yang sudah rusak akibat sakit maag akan terus ‘memberontak’ bila terkena makanan yang sangat pedas.

Sayur mentah
Pantangan sakit maag yang selanjutnya ialah menghindari konsumsi sayuran mentah, khususnya bagi mereka yang menderita maag kronis. Makanan yang dikonsumsi harusla mudah dicerna. Sayuran yang sudah dimasak dan dipotong kecil-kecil memudahkan tubuh Anda untuk mencernanya sehingga mencegah terjadinya iritasi pada lapisan lambung.

Makanan Untuk Maag Yang Sehat
  1. Kentang Rebus. Kentang rebus bersifat alkali saat pagi dan dapat menetralisir asam lambung sebelum makan makanan lain. Kentang juga sumber karbohidrat yang memberikan rasa kenyang dalam perut. Bubur kentang, jus kentang dapat membantu mengurangi sakit maag.
  2. Brokoli. Brokoli merupakan sumber kalium, sulfur, serta vitamin C yang baik bagi penderita penyakit maag kronis. Sulfur merupakan prekusor glutation yang berperan sebagai antioksidan pelindung terhadap mucosa lambung. Vitamin C berguna untuk memelihara stamina tubuh yang biasanya menurun (drop) saat sakit maag kronis. Sayuran dari bahan sayaur mayur tak berserat dan tidak menimbulkan gas lainnya adalah labu kuning, labu siam, dan wortel.
  3. Bubur Ayam. Begitu sakit maag, makanan lunak seperti bubur amat berguna untuk memperinganka rasa sakit. Bubur bisa ditambahkan dengan telur rebus, telur setengah matang, dengan bumbu kecap asing ditambah kerupuk. Hindari memakan sate jeroan karena sulit dicerna.
  4. Lidah Buaya. Kandungan saponin dalam lidah buaya merupakan antiseptik yang bermanfaat untuk meredakan panas dan juga sebagai penyembuh luka. Senyawa antrakuinon dan kuinon dalam lidah buaya berkhasiat sebagai antibiotik, dan penghilang rasa sakit, sekaligus merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Kandungan mukopolisakarida berguna untuk memulihkan radang pada saluran pencernaan dan arthritis.
  5. Sayuran Kol. Kol dikenal mengandung asam amino glutamin untuk meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu perlindungan pada lapisan mucosa lambung serta mengobati luka pada saluran pencernaan. Meski banyak dihindari karena mengandung gas banyak ahli kesehatan memanfaatkan kol untuk atasi penyakit maag.
  6. Buah-buahan. Buah-buahan juga bermanfaat dapat mengurangi penumpukan zat asam lambung. Buah-buahan seperti pisang, melon, pepaya, dan tomat mengandung kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat asam) dalam lambung.
  7. Permen dan gula-gula. Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa, sehingga mampu menetralisir asam lambung. Jangan makan permen karet karena manfaatnya bisa kebalikannya. Kekenyalan menyebabkan produksi asam lambung meningkat berlebih.
  8. Konsumsi suplemen. Penderita perlu memakan makanan atau suplemen yang menyehatkan mukosa lambung.

     
Buah Yang Sehat Untuk Maag Kronis
  1. Pisang. Pisang memiliki teksturnya lunak,dan lembut. Warna kuning karena mengandung kalium yang dapat menstabilkan asam lambung, pisang adalah salah satu makanan untuk penderita asam lambung yang sangat sehat. Pisang dapat memberikan efek kenyang sehigga aman dikonsumsi di antara waktu makan. Pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres dan depresi.  Selain pisang segara dapat juga kita siapkan pisang masak
  2.  Papaya. Pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang berguna untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan. Papaya juga memiliki kandungan asam asetat dan asam askorbat sebagai obat tukak lambung. Bila memakan pepaya setelah satu jam makan akan mampu mencerna makanan tersebut.
  3. Jeruk. Jeruk meskipun terasa asam namun cenderung bisa dipakai untuk mengurangi sakit maag. Adanya asam asetat dan asam askorbat dapat menjadi obat bagi penyakit maag.
  4. Buah Alpukat. Buah ini memiliki kandungan gizi dan serat yang baik untuk kesehatan lambung. Buah ini akan mengurangi kerusakan hati dan menghentikan kerja virus yang menyebabkan hepatitis. Alpukat memiliki kadar lemak tinggi, dan kaya akan vitamin A, Vit B, Vit C, Vit B12, Vit B Kompleks, Vit E dan Vit D. Alpukat memiliki Vit A terbanyak dibandingkan vitamin lainnya. Selain daging buah, kita dapat memanfaatkan biji alpukat yang diparut, disaring dan kemudian airnya diminum.
  5. Buah semangka dan melon. Semangka mengandung citrulline asam amino yang dapat menciptakan amonia untuk menjaga tingkat asam dalam tubuh.
  6. Buah Mangga. Mangga merupakan buah yang kaya nutrisi dan merupakan anti oksidan dan anti inflamasi. Lapisan perut akan tetap dingin dan terbebas dari asam.
  7. Air Kelapa. Air kelapa akan mencegah pembentukan asam ekstra di perut. Air kelapa juga menjadi pelepas dahaga karena mengandung glukosa dan garam untujk pengganti ion yang hilang dalam tubuh.
  8. Mentimun. Mentimun dapat mengurangi panas dalam tubuh dan mencegah rasa nyeri serta perut yang melilit karena kelebihan asam di perut.
  9. Madu hitam pahit. Madu pahit menjadi bahan asal hewan yang bisa dipakai sebagai obat maag.
Nah selain menghindari beberapa pantangan anda juga harus ingat, Jangan makan di waktu sebelum tidur. Paling tidak berikan jarak 2 jam setelah makan baru boleh tidur dan Makanlah lebih sering dalam porsi kecil. Lambung Anda lebih sanggup mentolerir makanan-makanan dalam porsi kecil, dibandingkan makanan porsi besar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar