Kamis, 25 Agustus 2016

5 Penyebab Penyakit Asam Lambung

Penyebab penyakit asam lambung,- Penyakit asam lambung sebagian besar disebabkan lower esophageal sphincter (LES) yang tidak berfungsi dengan baik. LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah esofagus yang berfungsi sebagai ‘penjaga gerbang’. Ketika sedang makan, otot LES akan rileks dan membiarkan makanan masuk ke dalam perut. Setelah makanan lewat, otot LES akan menjadi tegang dan menutup agar asam lambung dan makanan tidak naik kembali dari perut ke esofagus atau kerongkongan. 
Asam lambung sangat dibutuhkan untuk membantu pencernaan. Tanpa asam lambung, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dicerna dengan baik, sehingga zat-zat gizi tidak bisa diserap secara baik oleh tubuh. Didalam tubuh sangat diperlukan jumlah asam lambung yang seimbang. Karena jika berlebihan akan menimbulkan penyakit. Produksi asam lambung bertambah pada saat tubuh membutuhkannya, yaitu saat makan. Sebaliknya, pada saat tubuh tidak membutuhkan, produksi asam lambung akan menurun kembali.

Karena itu, jadwal makan yang tidak teratur sering membuat lambung sulit beradaptasi. Bila hal ini berlangsung secara terus-menerus, akan terjadi kelebihan asam dan akan mengiritasi dinding mukosa lambung dan akan menyebabkan rasa perih,dan mual pun muncul.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Asam lambung yang naik bisa menyebabkan bagian mulut bau atau juga akan menyebabkan dada terasa panas. Dan naik nya asam lambung tidak akan terjadi jika kondisi kesehatan baik baik saja atau tidak memiliki gangguan kesehatan pada organ tubuh maka dari itu jika asam lambung naik, maka ada pemicu nya. salah satu yang paling sering menjadi faktor penyebab asam lambung naik karena bagian otot lambung tidak berfungsi dengan baik. karena pada bagian lambung ada bagian semacam pintu untuk masuk nya makanan dari tenggorokan untuk menuju ke lambung. Maka dari itu naik nya asam lambung bisa terjadi karena di sebabkan oleh otot lambung yang seharus nya tertutup akan mengalami masalah pada fungsi nya sehingga bisa menyebabkan asam lambung naik. Dan ada faktor penyebab asam lambung atau penyebab tidak berfungsi penutup lambung tersebut sehingga menyebabkan naik nya asam lambung hingga ke tenggorokan. Dan berikut faktor penyebab asam lambung :
  1. Hormon
    Salah satu faktor penyebab asam lambung naik yaitu hormon, perubahan hormon pada tubuh bisa menjadi faktor penyebab asam lambung naik. Hormon bisa menyebabkan asam lambung naik karena di sebabkan oleh perubahan hormon akan membuat otot penutup lambung akan lemah sehingga bisa mengakibatkan naik nya asam lambung. Maka dari itu banyak wanita yang sering mengalami asam lambung,karena wanita yang paling sering mengalami perubahan hormon, terlebih pada wanita hamil.
  2. Hernia
    Faktor penyebab asam lambung pun juga bisa dari memiliki penyakit hernia, karena otot pada bagian lambung bisa lemah akibat ada nya penyakit hernia di dalam tubuh. sehingga penyakit hernia akan memicu naik nya asam lambung juga.
  3. Makanan
    Pada bagian otot lambung juga bisa lemah dikarenakan oleh makanan. faktor penyebab asam lambung yang paling sering pun juga banyak karena kandungan makanan yang sering di konsumsi. makanan yang terlalu banyak mengandung alkohol,dan kafein bisa menyebabkan bagian otot lambung lemah atau pun rileks, maka dari itu mengkonsumsi minuman beralkohol, kopi, dan juga coklat yang terlalu sering akan menyebabkan naik nya asam lambung karena permasalahan pada bagian otot lambung dari zat makanan tersebut. Selain itu juga faktor penyebab asam lambung bisa karena tidak mengontrol makanan dengan baik, dan menyebabkan obesitas atau berat badan berlebih juga pada penderita penyakit asam lambung.
  4. Rokok
    Faktor penyebab asam lambung juga bisa karena rokok, penggunaan rokok yang terlalu sering maka akan mengakibatkan bagian otot lambung juga akan lemah, maka dari itu penderita penyakit asam lambung juga banyak dari kalangan perokok aktif. Karena rokok terkandung oleh zat yang akan menyebabkan bagian lambung melemah.
  5. Efek samping obat
    Faktor penyebab asam lambung naik yang akan menyebabkan mual dan muntah bahkan rasa panas pada bagian tenggorokan pun juga bisa karena efek samping. penggunaan efek samping obat berbahan kimia akan menyebabkan bagian otot lambung pun bermasalah dan biasa nya jenis obat untuk penyakit hipertensi yang akan menyebabkan otot pada lambung melemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar